MATERI KELAS 5 SEMESTER 2 TAHUN 2011-2012

A. PERUBAHAN SIFAT BENDA

Benda dapat mengalami perubahan sifat karena beberapa faktor.Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah pemanasan, pendinginan, pembakaran, pembusukan, dan perkaratan.

Pemanasan

Pada saat kamu memakan es krim, lama-kelamaan es krim tersebut akan mencair. Mencairnya es krim disebabkan karena suhu di luar lebih tinggi (panas) dari pada suhu es krim tersebut. Selain es krim, mentega juga mengalami hal yang sama ketika dipanaskan. Bagaimana jika air dipanaskan? Pemanasan air akan mengakibatkan air berubah wujud menjadi uap air (gas). Jadi pemanasan mengakibatkan benda mengalami perubahan wujud. Benda padat apabila dipanaskan akan berubah menjadi cair dan benda cair apabila dipanaskan akan berubah
menjadi uap air.

Pendinginan

Es krim atau es yang biasa kamu beli di sekolah atau warung dekat rumahmu sebenarnya
berasal dari bahan-bahan yang berbentuk cairan. Apabila cairan tersebut didinginkan maka akan berubah wujud menjadi padat, yaitu es. Mentega yang dicairkan setelah dipanaskan akan kembali menjadi padat setelah didinginkan. Jadi, pendinginan menyebabkan benda mengalami perubahan wujud. Benda cair akan berubah wujudnya menjadi benda padat

Pembakaran
Dalam kegiatan yang kamu lakukan sebelumnya, kamu membakar ketas yang besrwarna putih.Pada saat di bakar kertas tersebut mengalami perubahan warna dan bentuk.Sebelum dibakar kertas tersebut berwarna putih, namun setelah dibakar warna kertas berubah menjadi hitam.Selain perubahan warna, kertas juga mengalami perubahan bentuk dari berupa lembaran menjadi abu. Jika kamu membakar karet maka selain bentuk dan warnanya akan berubah,
kelenturan dan baunya pun menjadi berubah. Oleh karena itu, pembakaran dapat menyebabkan benda mengalami perubahan bentuk, warna, kelenturan, dan bau.
Pembusukan

Apa yang akan terjadi jika kamu menyimpan buah di udara terbuka dalam waktu beberapa hari? Tentunya buah itu akan menjadi lembek, layu, dan warnanya pun berubah. Hal ini terjadi karena buah yang dibiarkan di udara terbuka akan mengalami pembusukan. Jadi, pembusukan juga mengakibatkan benda mengalami perubahan bentuk, warna, dan bau.
Perkaratan

Kamu mungkin pernah melihat besi atau rantai sepedamu berkarat.Logam seperti besi, dapat mengalami perkaratan apabila terkena air atau uap air dan dibiarkan dalam waktu yang lama.Perkaratan ini menyebabkan warna besi berubah dan besi menjadi rapuh.Perkaratan dapat menyebabkan benda mengalami perubahan warna dan kekuatan.

B. Perubahan Wujud Benda yang Dapat Balik dan Tidak Dapat
Balik
Benda dapat mengalami perubahan karena pemanasan, pendinginan, pembakaran,
pembusukan, dan perkaratan. Perubahan benda tersebut meliputi perubahan, warna, bentuk, kelenturan, kekuatan, dan bau.Perubahan wujud pada benda dikelompokkan menjadi dua, yaitu peubahan wujud yang dapat dibalik dan perubahan wujud yang tidak dapat dibalik.

Perubahan Wujud Benda yang Dapat Balik

Pada perubahan wujud yang dapat balik, benda yang mengalami perubahan dapat kembali ke bentuk semula.Salah satu contohnya adalah perubahan pada air. Air jika didinginkan akan menjadi es. Es ini apabila dipanaskan akan kembali menjadi air. Dalam hal ini perubahan air merupakan perubahan wujud yang dapat balik.
Perhatikan berikut :

diagram berikut ini!

Perubahan Wujud Benda yang Tidak Dapat Balik

Sebagian besar benda yang mengalami perubahan wujud tidak dapat kembali ke bentuk atau wujud semula.Apabila kertas dibakar maka kertas menjadi serpihan abu yang berwarna hitam.Serpihan abu yang berwarna hitam ini tidak dapat kembali menjadi kertas. Perubahan wujud kertas merupkan contoh perubahan wujud benda yang tidak dapat balik. Selain itu, perubahan beras menjadi nasi yang kita makan sehari-hari juga merupakan peubahan wujud benda yang tidak dapat dibalik. Hal ini disebabkan karena setelah beras di masak menjadi nasi, nasi tersebut tidak dapat kembali menjadi beras dengan cara apapun juga.

1. Perubahan pada benda dapat diamati dengan perubahan sifat yang terjadi sebelum dan sesudah benda tersebut mengalami perubahan.
2. Sifat benda yang mengalami perubahan dapat dilihat dari bentuk, warna, kelenturan, kekuatan, dan bau.
3. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan perubahan pada benda diantaranya adalah pemanasan, pendinginan, pembakaran, pembusukan,dan perkaratan.
4. Pemanasan dan pendinginan mengakibatkan benda mengalamiperubahan wujud.
5. Pembakaran menyebabkan benda mengalami perubahan wujud, warna,kelenturan, dan kekuatan.
6. Pembusukan dapat menyebabkan benda mengalami perubahan wujud,kekuatan, dan bau.
7. Perkaratan dapat menyebabkan benda mengalami perubahan warnadan kekuatan.
8. Perubahan wujud suatu benda dibedakan menjadi dua, yaitu perubahanwujud benda yang dapat dibalik dan perubahan wujud benda yang tidakdapat dibalik.
9. Abu : sisa pembakaran dari suatu zat
10.Membeku : perubahan wujud benda dari cair menjadi padat

A. Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Jika air dipanaskan maka air akan mengalami perubahan ….
a. wujud c. kelenturan
b. bau d. warna
2. Pemanasan pada air akan mengakibatkan air berubah wujud menjadi ….
a. es c. embun
b. uap d. titik air
3. Di bawah ini yang merupakan faktor-faktor yang dapat membuat benda
mengalami perubahan, kecuali ….
a. pembusukan c. pendinginan
b. pemanasan d. pencairan
4. Perubahan wujud benda dari zat cair menjadi zat padat disebabkan karena
proses ….
a. pembakaran c. pendinginan
b. pemanasan d. perkaratan
5. Buah yang menjadi layu dan busuk merupakan contoh perubahan benda
yang disebabkan oleh ….
a. pembakaran c. perkaratan
b. pembusukan d. pendinginan

6. Proses perkaratan pada besi menyebabkan benda mengalami perubahan ….
a. warna c. bentuk
b. bau d. kelenturan
7. Benda-benda berikut ini dapat mengalami proses perkaratan apabila terkena
air atau uap air dalam waktu yang lama, kecuali ….
a. rantai sepeda c. besi
b. tiang listrik d. kayu
8. Perubahan wujud yang terjadi secara alami adalah ….
a. kebakaran hutan c. pembakaran sampah
b. pembusukan buah d. kaca yang pecah
9. Perubahan wujud benda yang dapat kembali ke bentuk semula disebut ….
a. perubahan wujud yang tidak dapat dibalik
b. perubahan wujud yang dapat dibalik
c. perubahan wujud karena perkaratan
d. perubahan wujud karena pembakaran
10. Contoh perubahan wujud yang dapat dibalik adalah ….
a. es batu c. arang
b. besi berkarat d. nasi

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Apabila air didinginkan maka akan berubah wujud menjadi ….
2. Air akan berubah wujudnya menjadi uap atau gas apabila mengalami
proses ….
3. Perkaratan pada besi meyebabkan besi mengalami perubahan … dan ….
4. Agar buah tetap segar dan tidak busuk maka buah harus di simpan di
dalam ….
5. Air yang mengalami pendinginan akan berubah wujud menjadi es dan es
akan mencair apabila dipanaskan. Proses tersebut merupakan contoh
perubahan wujud zat yang dapat ….
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Jelaskan mengapa es krim yang dibiarkan di udara terbuka, lama-kelamaan
akan mencair!
2. Jelaskan faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan benda mengalami
perubahan wujud!

3. Bagaimana keadaan besi atau rantai sepeda yang mengalami perkaratan?
Jelaskan pula apa penyebabnya!
4. Apa yang dimaksud dengan perubahan wujud benda yang dapat dibalik?
Berikan contohnya!
5. Tuliskan tiga contoh perubahan benda yang tidak dapat dibalik!

Pengertian dan Pengaruh Gaya
Dalam kehidupan sehari-hari secara tidak sadar kita mendapati kegiatan yang berhubungan dengan gaya. Pada saat kita membuka atau menutup pintu kita telah melakukan gaya yang berupa dorongan dan tarikan. Selain itu, pada saat kamu bermain kelereng kamu tentu dapat menggerakkan kelereng dengan menggunakan salah satu jari tanganmu. Gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya. Gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan mempengaruhi benda tersebut. Gaya terhadap suatu benda dapat mengakibatkan benda bergerak, berubah bentuk, dan berubah arah.Pada saat kamu menendang bola maka bola akan bergerak dan berubah arahnya. Gaya pada benda juga mengakibatkan benda berubah bentuk.Sebagai contohnya, ketika kamu bermain dengan plastisin kamu dapat membuat berbagai macam bentuk.Gaya tangan menyebabkan bentuk plastisin berubah sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
Macam-Macam Gaya

Pada bagian sebelumnya telah dibahas bahwa gaya ditimbulkan oleh tarikan dan dorongan. Berdasarkan sumbernya, gaya dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
1. Gaya Magnet
Kamu tentu pernah bermain dengan magnet yang dapat menarik bendabenda yang mengandung logam.Tahukah kamu dari mana magnet itu berasal?Magnet berasal dari batuan yang mengandung logam besi.Batuan logam tersebut diolah sampai akhirnya menjadi magnet. Tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh magnet disebut gaya magnet. Apakah semua benda dapat ditarik oleh magnet?Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet.Hanya benda-benda yang memiliki sifat tertentu saja yang dapat ditarik oleh magnet.
a. Mengelompokkan benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis
Benda- benda yang dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang bersifat magnetis sedangkan benda-benda yang tidak dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang tidak magnetis. Agar kamu mengetahui bendabenda apa saja yang bersifat magnetis dan tidak magnetis, lakukanlah kegiatan berikut ini!
b. Menunjukkan kekuatan gaya magnet
Pada kegiatan sebelumnya kamu telah mengtahui benda-benda apa saja yang memiliki sifat magnetis atau dapat tertarik oleh magnet. Magnet memiliki kekuatan untuk menarik benda-benda yang memiliki sifat magnetis. Untuk mengatahui kekuatan gaya magnet dalam menarik benda-benda tersebut,

Kekuatan gaya magnet untuk menarik benda-benda yang bersifat magnetis dipengaruhi oleh garis gaya magnet dan jarak magnet dengan benda tersebut.
1) Garis gaya magnet
Kekuatan gaya tarik magnet tidaklah merata di seluruh bagiannya. Bagian manakah yang memiliki kekuatan gaya magnet paling besar? Pada saat batang magnet di letakkan di bawah kertas HVS yang terdapat serbuk besi maka serbuk besi akan membentuk pola-pola garis yang
disebut garis gaya magnet. Daerah yang dilingkupi oleh garis gaya magnet merupakan medan
magnet. Pada gambar tampak serbuk besi banyak berkumpul di ujungujung magnet.Ujung-ujung magnet disebut juga kutub magnet.Pada bagian inilah magnet memiliki kekuatan terbesar dibandingkan bagian magnet lainnya.
2) Pengaruh jarak benda magnetis terhadap kekuatan gaya magnet
Kekuatan gaya magnet selain dipengaruhi oleh garis gaya magnet
juga dipengaruhi oleh jarak benda magnetis.

Kutub-kutub magnet memiliki sifat yang istimewa. Jika kamu mendekatkan kutub-kutub magnet yang senama (utara dan utara atau selatan dan selatan) maka keduanya akan tolak-menolak. Apabila kamu mendekatkan kutub-kutub magnet yang tidak senama (utara dan selatan) maka keduanya akan saling tarik menarik.

c. Penggunaan Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari
Pernahkah kamu melihat dinamo mobil mainan atau dinamo yang terdapat di sepeda?Dinamo merupakan salah satu alat yang menggunakan magnet di dalamnya. Alat lain dalam kehidupan sehari-hari yang juga menggunakan magnet di antaranya adalah pengunci kotak pensil atau tas, kompas, speaker radio, mikrofon, antena pada mobil remot kontrol, dan
alarm pengaman mobil. Magnet juga digunakan pada alat-alat berat untuk mengangkut bendabenda dari besi. Magnet tersebut berasal dari aliran listrik oleh karena itu
disebut elektromagnet. Jika tidak ada aliran listrik maka sifat kemagnetannyaakan hilang.

d. Membuat magnet
Magnet berasal dari kata “magnesia” yang merupakan nama sebuah daerah kecil di Asia. Orang yang pertama kali menemukan magnet adalah Magnus.Pada saat itu tongkatnya tertarik oleh batuan.Batu itulah yang kemudian dinamakan magnet.Seiring dengan teknologi yang semakin maju, maka dibuatlah magnet buatan.Bahan yang dapat dibuat untuk membuat magnet adalah besi atau baja.Besi lebih mudah dibuat menjadi magnet namun kemagnetannya cepat hilang.Baja sangat sukar dibuat magnet. Namun demikian, kemagnetannya lebih
tahan lama dibandingkan dengan magnet yang dibuat dari besi. Terdapat beberapa cara dalam pembuatan magnet di antaranya adalah cara induksi, menggosok, dan mengalirkan arus listrik.
1) Cara induksi
Magnet dapat dibuat dengan cara induksi, yaitu mendekatkan atau menempelkan magnet pada benda yang akan dijadikan sebagai magnet, contohnya paku. Benda magnetis yang menempel pada magnet dapat menarik benda-benda magnetis lainnya, contohnya jarum atau paku payung.
2) Cara Menggosok
Magnet dapat dibuat dengan cara menggosok benda yang akan dijadikan magnet dengan magnet batang yang kita miliki atau terdapat di sekolah. Untuk mendapatkan magnet dengan cara menggosok, lakukanlah langkah-langkah berikut ini.
a) Letakkan sebatang besi atau baja yang akan dijadikan magnet di
atas meja.
b) Gosokkan salah satu kutub magnet pada besi atau baja tersebut
dengan kuat dan searah.
c) Lakukan gosokkan tersebut berulang-ulang. Semakin lama menggosok
maka semakin kuat kemagnetannya.
3) Mengalirkan arus listrik
Untuk membuat magnet dengan cara mengalirkan arus listrik, kita membutuhkan paku yang cukup besar, kawat kumparan, dan batu baterai sebagai sumber arus listriknya. Perhatikan cara pembuatan magnet dengan mengalirkan arus listrik berikut ini!
a) Lilitkan paku dengan kawat kumparan.
b) Semakin banyak kumparan maka kemagnetannya akan semakin kuat
c) Sambungkan kedua kawat kumparan pada batu baterai.
d) Dekatkan paku tersebut dengan jarum atau paku payung maka
jarum dan paku payung akan menempel pada paku.

Gaya Gravitasi
Pada bagian sebelumnya kamu telah mempelajari gaya magnet yang dapat menarik benda-benda yang bersifat magnetis. Buah mangga yang ada di atas pohonnya dapat jatuh ke bawah karena adanya gaya tarik dari bumi. Pada saat kamu melempar bola ke atas, bola itupun akan jatuh ke bawah. Gaya tarik bumi inilah yang disebut gaya gravitasi. Gaya gravitasi yang terjadi pada benda yang jatuh dari ketinggian tertentu tentunya berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena gaya gravitasi dipengaruhi oleh ukuran dan bentuk benda tersebut. Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam
semesta. Bumi yang mempunyai massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk
benda-benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada di luar angkasa seperti meteor, satelit buatan manusia, dan bulan.Gaya tarik ini menyebabkan benda-benda tersebut selalu berada di tempatnya.

Bagaimana apabila tidak ada gaya gravitasi?
Gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah. Buah yang jatuh dari pohonnya, air yang mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, dan bola yang dilempar ke atas akan kembali jatuh ke tanah merupakan beberapa pristiwa yang menunjukkan bahwa gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah. Apa yang akan terjadi apabila tidak ada gaya gravitasi di bumi? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kamu mungkin pernah melihat film atau berita mengenai astronot yang ada di bulan. Astronot tersebut dapat melayang-layang di bulan karena gaya gravitasi di bulan sangat kecil. Hal yang sama akan terjadi pada benda-benda yang ada di bumi apabila gaya gravitasi tidak ada. Kita akan melayang-layang di udara tanpa bisa menyentuh tanah.

3. Gaya Gesekan
Apa yang akan terjadi apabila kita berjalan di lantai yang licin? Mengapa kita merasakan kesulitan apabila berjalan di atas lantai yang licin. Permasalahan ini berhubungan dengan gaya gesekan. Gaya gesekan merupakan gaya yang ditimbulkan oleh dua pemukaan yang saling bersentuhan. Lantai yang licin membuat kita sulit berjalan di atasnya karena gaya gesekan yang terjadi antara kaki kita dengan lantai sangat kecil.

a. Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda
Di awal telah dibahas bahwa gaya gesekan timbul karena adanya sentuhan antara dua permukaan. Permukaan yang halus dan kasar memiliki gaya gesekan yang berbeda. Untuk mengetahui perbedaan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda,
Permukaan papan luncur yang berbeda-beda mengakibatkan gayagesekan yang dihasilkan pun berbeda. Hal ini dapat dilihat dengan perbedaan gerak balok pada saat meluncur di atas papan luncur.
b. Memperbesar dan memperkecil gaya gesekan
Gaya gesekan dapat diperbesar ataupun diperkecil disesuaikan dengan tujuannya. Dalam kehidupan sehari-hari kita jumpai berbagai cara yang dilakukan untuk memperkecil atau memperbesar gaya gesekan, di antaranya adalah sebagai berikut:
1) Pemberian pelumas atau oli pada roda atau rantai sepeda agar
gesekannya dapat diperkecil.
2) Penggunaan kayu yang berbentuk bulat untuk mendorong benda agar
lebih mudah. Apabila kita mendorong meja atau lemari yang cukup berat
maka digunkan gelondongan kayu agar gaya gesekan yang tejadi dapat
diperkecil.
3) Penggunaan pul pada sepatu pemain bola. Hal ini bertujuan agar gaya
gesekan dapat diperbesar sehingga pemain bola tidak tergelincir pada
saat berlari dan menendang bola.
4) Membuat alur-alur pada ban mobil atau motor. Untuk menghindari
permukaan licin pada jalan yang dilewatinya, pada ban motor dan mobil
terdapat alur-alur. Alur-alur ini bertujuan untuk memperbesar gaya
gesekan antara ban dan permukaan jalan.

c. Manfaat dan kerugian dengan adanya gaya gesekan dalam kehidupan
sehari-hari
Gaya gesekan yang sedang kita bahas memiliki manfaat dan kerugian.Manfaat dan kerugian ini dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.
1) Manfaat gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari
Beberapa manfaat gaya gesekan yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.
a) Membantu benda bergerak tanpa tergelincir
Kita dapat berjalan di atas lantai karena adanya gaya gesekan antara sepatu dengan lantai yang meyebabkan kita tidak tergelincir saat berjalan. Selain itu, permukaan aspal jalan raya dibuat agak kasar. Hal ini bertujuan agar mobil tidak slip ketika bergerak di atasnya. Adanya gesekan antara ban dan aspal menyebabkan mobil dapat bergerak tanpa tergelincir.
b) Menghentikan benda yang sedang bergerak
Apa yang akan terjadi apabila sepeda yang kamu naiki tidak memiliki rem? Rem pada sepeda digunakan agar sepeda yang kita naiki dapat berhenti ketika sedang bergerak. Gesekan antara karet rem dengan peleg membuat laju sepeda akan semakin lambat ketika di rem.
2) Kerugian gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari
Selain memiliki manfaat, gaya gesekan juga memiliki kerugian. Berikut beberapa kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
a) Menghambat gerakan
Gaya gesekan menyebabkan benda yang begerak akan terhambat gerakannya. Adanya gesekan antara ban sepeda dengan aspal membuat kita harus mengayuh sepeda dengan tenaga yang lebih besar. Hal ini menunjukkan bahwa gaya gesekan menghambat gerakan suatu benda.
b) Menyebabkan aus
Ban sepeda kita menjadi gundul atau sepatu yang kita pakai untuk sekolah bagian bawahnya menjadi tipis diakibatkan oleh gesekan antara ban atau sepatu dengan aspal. Jadi, gesekan
menyebabkan benda-benda menjadi aus.

1. Dorongan atau tarikan yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya.
2. Gaya terhadap suatu benda dapat mengakibatkan benda bergerak, berubah bentuk,
dan berubah arah.
3. Berdasarkan sumbernya, gaya dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu gaya magnet,
gayagravitasi, dan gaya gesekan.
4. Tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh magnet disebut gayamagnet.
5. Benda- benda yang dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang bersifat
magnetissedangkan benda-benda yang tidak dapat tertarik oleh magnet disebut benda
yang tidak magnetis.
6. Kekuatan gaya magnet untuk menarik benda-benda yang bersifat magnetis dipengaruhi
olehgaris gaya magnet dan jarak magnet denganbenda tersebut.
7. Jika kutub-kutub senama pada magnet didekatkan maka akan terjadi tolak menolak
sedangkan jika kutub-kutub tidak senama didekatkkan maka akan terjadi tarik-menarik.
8. Dalam kehidupan sehari-hari magnet digunakan pada dinamo, kompas,
mikrofon, dan alarm.
9. Magnet dapat dibuat dengan cara menginduksi, menggosok, dan mengaliri arus listrik.
10. Gaya gravitasi merupakan gaya tarik bumi yang menyebabkan benda yang ada di
bumi tertarik ke bawah.
11.Gaya gesekan merupakan gaya yang ditimbulkan karena dua permukaan yang
salingbersentuhan.
12.Gaya : dorongan atau tarikan yang dapat menggerakkan benda.
13. Gesekan : gaya yang bekerja ketika permukaan dua buah benda saling bersentuhan.
14.Gravitasi : gaya tarik bumi yang menyebabkan benda dapat jatuh ke bawah.
15. Kutub magnet : bagian ujung magnet yang daya tariknya paling kuat.
16.Magnetis : memiliki sifat seperti magnet

A. Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Bahan di bawah ini yang dapat ditarik oleh magnet adalah ….
a. kayu
b. besi
c. kaca
d. plastik
2. Pola-pola garis yang dibentuk oleh serbuk besi ketika didekatkan dengan
magnet merupakan ….
a. garis gaya magnet
b. garis gaya gesekan
c. kutub magnet
d. garis arah magnet
3. Bagian magnet yang memiliki kekuatan terbesar untuk menarik benda
magnetis adalah ….
a. tengahnya
b. sisi-sisinya
c. kutub-kutubnya
d. pinggirnya
4. Alat-alat yang mengunakan magnet di antaranya adalah sebagai berikut,
kecuali ….
a. mikrofon
b. alarm
c. dinamo
d. gunting
5. Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda ….
a. magnetis
b. antik
c. keras
d. kuno
6. Magnet dapat dibuat dengan tiga cara, kecuali ….
a. menginduksi
b. menggosok
c. memanaskan
d. mengalirkan arus listrik
7. Gaya tarik bumi disebut juga ….
a. gaya gravitasi bumi
b. gaya magnet bumi
c. gaya gesekan
d. gaya berat
8. Buah kelapa jatuh ke bawah dari pohonnya akibat pengaruh ….
a. gaya gesekan
b. gaya magnet
c. gaya gravitasi
d. gaya dorong
9. Gaya yang ditimbulkan akibat dua buah permukaan yang saling bersentuhan
adalah ….
a. gaya gesekan
b. gaya magnet
c. gaya berat
d. gaya gravitasi
10. Semakin kasar permukaan benda yang bergesekan maka gaya gesekan
yang terjadi akan ….
a. semakin kecil
b. semakin besar
c. sama kecil
d. sama besar

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Daerah disekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik magnet
disebut ….
2. Bahan yang sangat baik untuk dibuat magnet adalah ….
3. Apabila kutub tidak senama dua buah magnet didekatkan maka akan
terjadi ….
4. Astronot yang ada di bulan dapat melayang-layang karena di bulan tidak
terdapat ….
5. Kerugian yang dapat ditimbulkan karena adanya gaya gesekan adalah …
dan ….
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan medan magnet dan pada bagian
manakah magnet memiliki medan magnet yang terbesar!
2. Jelaskan bagaimana pembuatan magnet dengan cara mengalirkan arus
listrik!
3. Jelaskan apa yang akan terjadi apabila di bumi tidak terdapat gaya gravitasi!
4. Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan
bagaimana memperbesar dan memperkecil gaya gesekan!
5. Sebutkan manfaat gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari!

Setiap hari Senin, di sekolahmu tentu dilangsungkan upacara pengibaran bendera.Setiap peserta upacara mengikuti jalannya upacara dengan khidmat.Tiga orang petugas pembawa bendera berjalan menuju tiang bendera dengan rapi dan teratur.Bendera dikibarkan pada tiang bendera.Di ujung tiang bendera biasanya terdapat katrol yang digunakan untuk memudahkan bendera yang diikat pada tali ditarik atau dinaikan ke atas.Tahukah kamu, katrol merupakan salah satu jenis pesawat sederhana?

PENGERTIAN PESAWAT SEDERHANA
Semua jenis alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia disebut pesawat.Kesederhanaan dalam penggunaannya menyebabkan alat-alat tersebut dikenal dengan sebutan pesawat sederhana.Gabungan beberapa pesawat sederhana dapat membentuk pesawat rumit, contohnya mesin cuci, sepeda, mesin mobil, dan lain-lain.
Selain bertujuan untuk memudahkan pekerjaan, pesawat sederhana juga dapat membuat pekerjaan menjadi lebih cepat diselesaikan.
Jenis-Jenis Pesawat Sederhana
Pesawat sederhana dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu tuas, bidang miring, katrol, dan roda berporos. Agar kamu lebih memahami keempat jenis pesawat sederhana tersebut, berikut akan dijelaskan satu persatu.

1. Tuas
Pernahkah kamu kesulitan menggeser bongkahan batu yang besar?Bagaimana caranya agar batu dapat digeser?Alat yang dapat membantu untuk menggeser batu yang besar adalah linggis.Linggis merupakan salah satu jenis tuas. Tuas lebih dikenal dengan nama pengungkit. Pada umumnya, tuas atau pengungkit menggunakan batang besi atau kayu yang digunakan untuk mengungkit suatu benda. Terdapat tiga titik yang menggunakan gaya ketika kita mengungkit suatu benda, yaitu beban (B), titik tumpu (TT), dan kuasa (K). Beban merupakan berat benda, sedangkan titik tumpu merupakan tempat bertumpunya suatu gaya. Gaya yang bekerja pada tuas disebut kuasa.Berdasarkan posisi atau kedudukan beban, titik tumpu, dan kuasa, tuas digolongkan menjadi tiga, yaitu tuas golongan pertama, tuas golongan kedua, dan tuas golongan ketiga.
a. Tuas golongan pertama
Pada tuas golongan pertama, kedudukan titik tumpu terletak di antara beban dan kuasa.Contoh tuas golongan pertama ini di antaranya adalah gunting, linggis, jungkat-jungkit, dan alat pencabut paku.

b. Tuas golongan kedua
Pada tuas golongan kedua, kedudukan beban terletak di antara titk tumpu dan kuasa.Contoh tuas golongan kedua ini di antaranya adalah gerobak beroda satu, alat pemotong kertas, dan alat pemecah kemiri, pembuka tutup botol.
c. Tuas golongan ketiga
Pada tuas golongan ketiga, kedudukan kuasa terletak di antara titk tumpu dan beban.Contoh tuas golongan ketiga ini adalah sekop yang biasa digunakan untuk memindahkan pasir.
2. Bidang Miring
Ketika liburan sekolah kamu mungkin pernah mengunjungi daerah pegunungan untuk mencari udara segar. Ingatkah kamu? Jalan-jalan di sanaternyata dibuat berkelok-kelok. Mengapa demikian?Perhatikan gambar di samping! Jalan yang berkelok-kelok menuju pegunungan
meman-faatkan cara kerja bidang miring. Bidang miring adalah permukaan rata yang menghubungkan dua tempat yang berbeda ketinggiannya. Dengan dibuat berkelok-kelok
pengendara kendaraan bermotor lebih mudah melewati jalan yang menanjak. Orang yang memindahkan drum ke dalam bak truk dengan menggunakan papan sebagai bidang miringnya. Dengan demikian, drum berat yang besar ukurannya lebih mudah dipindahkan ke atas truk.
Bidang miring memiliki keuntungan, yaitu kita dapat memindahkan benda ke tempat yang lebih tinggi dengan gaya yang lebih kecil. Namun demikian, bidang miring juga memiliki kelemahan, yaitu jarak yang di tempuh untuk memindah-kan benda menjadi lebih jauh.Prinsip kerja bidang miring juga dapat kamu temukan pada beberapa perkakas, contohnya kampak, pisau, pahat, obeng, dan sekrup.Berbeda dengan bidang miring lainnya, pada perkakas yang bergerak adalah alatnya.
3. Katrol
Di awal pembahasan, kamu telah mengenal salah satu jenis pesawat sederhana yang ada di sekolahmu, yaitu katrol.Katrol merupakan roda yang berputar pada porosnya.Biasanya pada katrol juga terdapat tali atau rantai sebagai penghubungnya.Berdasarkan cara kerjanya, katrol merupakan jenis pengungkit karena memiliki titik tumpu, kuasa, dan beban. Katrol digolongkan menjadi tiga, yaitukatrol tetap, katrol bebas, dan katrol majemuk.
a. Katrol tetap
Katrol tetap merupakan katrol yang posisinya tidak berpindah pada saat digunakan.Katrol jenis ini biasanya dipasang pada tempat tertentu. Katrol yang digunakan pada tiang bendera dan sumur timba adalah contoh katrol tetap
b. Katrol bebas
Berbeda dengan katrol tetap, pada katrol bebas kedudukan atau posisi katrol berubah dan tidak dipasang pada tempat tertentu.Katrol jenis ini biasanya ditempatkan di atas tali yang kedudukannya dapat berubah, seperti tampak pada gambar di samping.Salah satu ujung tali diikat pada tempat tertentu. Jika ujung yang lainnya ditarik maka katrol akan bergerak. Katrol jenis ini bisa kita temukan pada alat-alat pengangkat peti kemas di pelabuhan.

c. Katrol majemuk
Katrol majemuk merupakan perpaduan dari katrol tetap dan katrol bebas.Kedua katrol ini dihubungkan dengan tali.Pada katrol majemuk, beban dikaitkan pada katrol bebas.Salah satu ujung tali dikaitkan pada penampang katrol tetap. Jika ujung tali yang lainnya ditarik maka beban akan terangkat beserta bergeraknya katrol bebas ke atas.

4. Roda Berporos
Roda berporos merupakan roda yang di dihubungkan dengan sebuah poros yang dapat berputar bersama-sama.Roda berporos merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang banyak ditemukan pada alat-alat seperti setir mobil, setir kapal, roda sepeda, roda kendaraan bermotor, dan gerinda.

1. Pesawat adalah semua jenis alat yang digunakan untuk mempermudah
pekerjaan manusia.
2. Pesawat sederhana terdiri dari:
a. Tuas
b. Bidang Miring
c. Katrol
d. Roda Berporos
3. Berdasarkan kedudukan beban, titik tumpu, dan kuasa, tuas dikelompokkan
menjadi tiga, yaitu:
a. Tuas golongan pertama, contohnya: gunting, catut, tuas, dan linggis.
b. Tuas golongan kedua, contohnya: gerobak roda satu dan alat
pemecah kemiri
c. Tuas golongan ketiga, contohnya: sekop
4. Bidang miring adalah permukaan datar yang menghubungkan dua tempat
yang berbeda ketinggiannya.
5. Katrol merupakan roda yang berputar pada porosnya.
6. Katrol digolongkan menjadi tiga, yaitu katrol tetap, katrol bebas, dan
katrol majemuk.
7. Roda berporos merupakan roda yang dihubungkan dengan sebuah poros
yang dapat berputar bersama-sama.
8. Bidang miring : pesawat yang digunakan untuk menghubungkan dua tempat yang
berbeda ketinggian
9. Katrol : pesawat untuk mengangkat benda ke atas, biasanya memiliki
semacam roda
10.Pesawat: alat, perkakas, mesin untuk membantu pekerjaan
Roda berporos : benda bundar melingkar yang ditengahnya terdapat sumbu
11.Tuas: pesawat sederhana yang terdiri atas sebuah batang kokoh yang dapat
berputar mengelilingi sebuah titik

A. Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Setiap alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia disebut ….
a. katrol c. pesawat
b. tuas d. mobil
2. Di bawah ini yang bukan merupakan tuas atau pengungkit adalah ….
a. alat pencabut paku c. pisau
b. alat pemecah kemiri d. sekop
4. Bidang miring memiliki kelemahan, yaitu ….
a. jarak yang ditempuh makin jauh
b. jarak yang ditempuh makin dekat
c. membutuhkan tenaga yang lebih besar
d. membutuhkan biaya yang lebih besar
5. Pesawat sederhana yang digunakan untuk mengangkat atau menarik benda
ke atas adalah ….
a. tuas atau pengungkit c. bidang miring
b. katrol d. roda berporos

6. Bentuk ulir pada sekrup menggunakan prinsip ….
a. katrol c. bidang miring
b. tuas d. tanjakan
7. Gaya yang bekerja pada sebuah tuas disebut ….
a. titik tumpu c. beban
b. titik kuasa d. kuasA

8. Berikut ini yang termasuk tuas golongan ke tiga adalah ….
a. alat pemecah kemiri c. gerobak roda satu
b. jungkat-jungkit d. sekop
9. Berikut ini adalah macam-macam katrol, kecuali ….
a. katrol tetap c. katrol tunggal
b. katrol bebas d. katrol majemuk
10. Di bawah ini adalah contoh penggunaan roda berporos, kecuali ….
a. roda sepeda c. dongkrak
b. gerinda d. setir mobil
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Pesawat sederhana dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu …, …,
…, dan ….
2. Gaya yang bekerja pada tuas disebut ….
3. Penggunaan sekop merupakan tuas jenis ke ….
4. Permukaan datar yang menghubungkan dua tempat yang berbeda
ketinggiannya disebut ….
5. Katrol majemuk merupakan perpaduan antara katrol … dan katrol ….
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Apakah kegunaan dari pesawat sederhana? Berikan contohnya!
2. Sebutkan contoh pengungkit jenis kedua! Tunjukkanlah mana yang
3. Mengapa jalan di pegunungan dibuat berkelok-kelok?
4. Berikanlah contoh katrol bebas! Bagaimana ciri-cirinya?
5. Tuliskan beberapa contoh pesawat sederhana jenis roda berporos!

Sifat-Sifat Cahaya
Benda-benda yang ada di sekitar kita dapat kita lihat apabila ada cahaya yang
mengenai benda tersebut. Cahaya yang mengenai benda akan dipantulkan oleh
benda ke mata sehingga benda tersebut dapat terlihat. Cahaya berasal dari sumber
cahaya. Semua benda yang dapat memancarkan cahaya disebut sumber cahaya.
Contoh sumber cahaya adalah matahari, lampu, senter, dan bintang. Cahaya
memiliki sifat merambat lurus, menembus benda bening, dan dapat dipantulkan.
1. Cahaya Merambat Lurus
Pernahkah kamu melihat cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah
atau jendela yang ada di rumahmu? Bagaimana arah rambatan cahaya tersebut?
Cahaya yang masuk melalui celah-celah jendela merambat lurus. Untuk
menunjukkan bahwa cahaya merambat lurus.
2. Cahaya Menembus Benda Bening
Mengapa kaca jendela rumahmu merupakan kaca yang bening? Bagaimana
jika kaca tersebut ditutup dengan triplek atau kertas karton? Apakah cahaya
matahari dapat masuk? Cahaya dapat masuk ke dalam rumahmu selain melalui
celah-celah juga melalui kaca jendela yang ada di rumahmu. Kaca yang bening
dapat ditembus oleh cahaya matahari.
Apabila kamu menutup kaca jendela rumahmu dengan menggunakan karton
maka cahaya tidak dapat masuk ke dalam rumahmu. Hal ini menunjukkan bahwa
cahaya hanya dapat menembus benda yang bening. Agar kamu lebih jelas lagi
bagaimana cahaya menembus benda bening,
3. Sifat-sifat Cahaya Apabila Mengenai Cermin Datar dan Cermin Lengkung
(Cekung dan Cembung)
Sifat-sifat cahaya yang dihasilkan oleh cermin tentunya berbeda-beda sesuai
dengan bentuk permukaan cermin tersebut. Berdasarkan permukaannya, cermin
dikelompokkan menjadi tiga, yaitu cermin datar, cermin cekung, dan cermin
cembung.
Cermin datar adalah cermin yang permukaan pantulnya datar. Contohnya
cermin yang ada di meja rias. Cermin cekung adalah cermin yang pemukaan
pantulnya berupa cekungan. Cekungan ini seperti bagian dalam dari bola.
Contohnya bagian dalam lampu senter dan lampu mobil.Cermin cembung
adalah cermin yang permukaan pantulnya berupa cembungan. Cembungan ini
seperti bagian luar suatu bola. Contohnya spion pada mobil dan motor.
a. Sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar
Hampir setiap hari tentunya kamu berkaca di depan cermin yang ada
di kamarmu. Untuk mengetahui sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh
cemin datar,
b. Sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin cekung
Pemantul cahaya pada lampu mobil dan lampu senter menggunakan cermin cekung.
Bagaimanakan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung?Berdasarkan hasil kegiatan yang kamu lakukan diperoleh bahwa sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung bergantung pada letak benda.Jika letak benda dekat dengan cermin cekung maka akan terbentuk bayangan yang memilki sifat semu, lebih besar, dan tegak. Ketika benda dijauhkan dari cermin cekung maka akan diperoleh bayangan yang bersifat nyata dan terbalik.
c. Sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin cembung
Dalam kehidupan sehari-hari kita jumpai benda yang menggunakan cermin cembung, yaitu cermin pada kaca spion kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor.Pada kendaraan bermotor, kaca spionnya menggunakan cermin cembung dengan tujuan agar pengemudi lebih mudah.

Apabila kamu memperhatikan kendaraan yang ada di belakang motoratau mobil yang sedang kamu naiki maka bayangan mobil di cermin terlihat lebih kecil dari aslinya. Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung adalah semu, tegak dan diperkecil.

4. Pembiasan Cahaya dalam Kehidupan Sehari-hari
Dasar kolam yang airnya jernih terlihat lebih dangkal dari sebenarnya.Peristiwa ini merupakan salah satu bentuk pembiasan cahaya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.Bagaimana pembiasan cahaya dapat terjadi?pensil yang berada di gelas yang
beisi air terlihat bengkok. Selain itu, uang logam yang dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air terlihat lebih dangkal.Kedua peristiwa ini merupakan contoh peristiwa pembiasan cahaya. Apabila cahaya merambat melalui dua medium yang berbeda kerapatannya maka cahayaakan mengalami pembelokan atau pembiasan.Udara memiliki kerapatan yang lebih kecil daripada air. Bila cahayamerambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat maka cahayaakan dibiaskan mendekati garis normal. Akan tetapi apabila cahaya merambatdari zat yang lebih rapat ke zat yang kurang rapat maka cahaya akan dibiaskanmenjauhi garis normal. Garis normal merupakan garis yang tegak lurus pada
bidang batas kedua permukaan.

Cahaya Putih Terdiri Atas Berbagai Warna
Tahukah kamu warna dari cahaya matahari yang setiap hari dipancarkan ke
bumi? Apakah cahaya matahari berwarna putih? Bagaimana dengan sumber cahaya
lainnya? Cahaya matahari yang kita lihat seperti warna putih sebenarnya terdiri dari
berbagai macam warna.
Cahaya putih akan mengalami pembiasan dan terurai
menjadi berbagai macam warna, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila,
dan ungu. Warna-warna yang membentuk cahaya tersebut disebut spektrum
cahaya.
Selain warna-warna yang terdapat pada spektrum cahaya, terdapat cahaya
lainnya, yaitu ultra ungu. Ultra ungu merupakan cahaya yang memiliki efek
kimia terbesar dan letaknya berada di bawah cahaya ungu.
2. Peristiwa Penguraian Cahaya dalam Kehidupan Sehari-hari
Kalian tentu penah melihat pelangi di langit.Pelangi merupakan salah satu peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan penguraian cahaya.Pelangi biasanya dapat kita lihat pada saat hujan turun rintik-rintik. Warna pelangi sama halnya seperti warna spectrum cahaya yang terbentuk pada kegiatan yang telah kamu lakukan sebelumnya. Warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu pada pelangi berasal dari pembiasan dan penguraian cahaya putih matahari oleh bintik-bintik air hujan.

1. Cahaya dihasilkan dari sumber-sumber cahaya, di antaranya adalah
matahari, lampu, senter, dan bintang.
2. Cahaya memiliki sifat-sifat tertentu di antaranya adalah merambat lurus,
menembus benda bening, dapat dipantulkan, dan dibiaskan.
3. Cermin datar adalah cermin yang permukaan pantulnya datar.
4. Cermin cekung adalah cermin yang pemukaan pantulnya berupa
cekungan. Cekungan ini seperti bagian dalam dari bola.
5. Cermin cembung adalah cermin yang permukaan pantulnya berupa cembungan.
6. Apabila cahaya merambat melalui dua medium yang berbeda kerapatannya
maka cahaya akan mengalami pembelokan atau pembiasan.
7. Cahaya putih akan mengalami pembiasan dan terurai menjadi berbagai
macam warna, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.
8. Warna-warna yang membentuk cahaya putih disebut spektrum cahaya.
9. Bayangan nyata : bayangan yang terjadi di luar cermin tetapi dapat ditangkap olehlayar.
10. Bayangan semu : bayangan yang dapat dilihat dari cermin tetapi tidak dapat ditangkapoleh layar
11. Cermin : kaca bening yang dapat mempelihatkan bayang benda jika ditarihdi depannya
12. Garis normal : garis maya yang tegak lurus pada bidang batas dua buah zat
13. Spektrum : warna-warna yang membentuk warna putih

A. Berilah tanda silang (X)huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Di bawah ini yang merupakan sumber cahaya adalah ….
a. matahari c. generator
b. batu baterai d. dinamo
2. Di bawah ini merupakan benda yang dapat ditembus oleh cahaya,
kecuali ….
a. gelas bening c. karton
b. kaca jendela d. plastik bening
3. Gelas bening dapat ditembus oleh cahaya. Hal ini menunjukkan bahwa
cahaya memiliki sifat ….
a. merambat lurus c. dapat dipantulkan
b. menembus benda bening d. dapat dibiaskan
4. Cermin yang permukan pantulnya berbentuk cekungan disebut ….
a. cermin cembung c. cermin hias
b. cermin datar d. cermin cekung
5. Jarak bayangan dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar
adalah ….
a. sama c. lebih dekat
b. berbeda d. lebih jauh
6. Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah ….
a. nyata dan terbalik c. semu dan terbalik
b. nyata dan tegak d. semu dan tegak
7. Cermin yang digunakan pada kaca spion mobil atau motor adalah ….
a. cermin datar c. cermin cembung
b. cermin cekung d. cermin rias
8. Dasar kolam yang airnya jernih terlihat lebih dangkal dari yang sebenarnya
merupakan salah satu peristiwa ….
a. pemantulan cahaya c. perambatan cahaya
b. pembiasan cahaya d. pembentukan bayangan
9. Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat
maka cahaya akan dibiaskan mendekati ….
a. garis normal c. garis vertikal
b. garis horizontal d. garis lurus
10. Warna-warna yang membentuk cahaya putih disebut ….
a. pelangi c. warna terang
b. spektrum cahaya d. warna gelap
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Cahaya yang masuk melalui jendela rumah menunjukkan bahwa cahaya
memiliki sifat ….
2. Cermin yang biasa di pakai untuk berhias adalah jenis cermin ….
3. Pembiasan cahaya terjadi karena adanya perbedaan … antara dua jenis zat.
4. Apabila cahaya merambat dari zat yang lebih rapat ke zat yang kurang
rapat maka cahaya akan dibiaskan ….
5. Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu merupakan ….
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Sebutkan sifat-sifat cahaya yang kamu ketahui dan berilah contohnya!
2. Jelaskan sifat-sifat bayangan yang dibentuk apabila sebuah benda diletakkan
di depan cermin cembung!
3. Mengapa kaca spion kendaraan bermotor menggunakan cermin cembung?
Jelaskan!
4. Mengapa pensil yang dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air terlihat bengkok?
5. Jelaskan bagaimana proses terjadinya pelangi!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s